Multimedia interaktif, merupakan salah satu penunjang dalam pendidikan yang berbasis Visual, Audio maupun Audio Visual. Cara ini sangatlah efisien dalam menunjang pendidikan di Indonesia saat ini. Sekolah-sekolah kebanyakan telah menganut cara ini untuk dijadikan media pembelajaran, Siswa diajak untuk ikut berinteraksi.
Multimedia interaktif berguna untuk mengembangkan pembelajaran karena metodenya yang efektif karena disuguhkan dengan media yang interaktif karena akan menghasilkan siswa-siswa (anak Indonesia) yang lebih aktif dan kreatif dalam membuat sesuatu yang lebih kreatif dan baru. Kualitas media interaktif dalam menunjang pendidikan sangatlah baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran anak Indonesia.
Multimedia telah mengalami perkembangan konsep sejalan dengan berkembangnya teknologi pembelajaran. Ketika teknologi komputer belum dikenal, konsep multimedia sudah dikenal yakni dengan mengintegrasikan berbagai unsur media, seperti: cetak, kaset audio, video dan slide suara. Unsur-unsur tersebut dikemas dan dikombinasikan untuk menyampaikan suatu topik materi pelajaran tertentu. Pada konsep ini, setiap unsur media dianggap mempunyai kekuatan dan kelemahan. Kekuatan salah satu unsur media dimanfaatkan untuk mengatasi kelemahan media lainnya. Misalnya, penjelasan yang tidak cukup disampaikan dengan teks tertulis seperti cara mengucapkan sesuatu, maka dibantu oleh media audio. Demikian juga materi yang perlu visualisasi dan gerak, maka dibantu dengan video.
Manfaat multimedia dalam pendidikan membuat pelajaran lebih menyenangkan sehingga berdampak kepada hasil pembelajaran yang lebih memuaskan.
Seperti yang biasa kita jumpai di beberapa sekolah atau kampus-kampus, multimedia digunakan sebagai salah satu unsur pembelajaran di kelas. Misal jika guru menjelaskan suatu materi melalui pengajaran di kelas atau berdasarkan suatu buku acuan, maka multimedia digunakan sebagai media pelengkap untuk menjelaskan materi yang diajarkan di depan kelas. Multimedia ini lebih akrab di sebut ‘presentasi pembelajaran’. Materi yang ditayangkan tidak terlalu kompleks dan hanya menampilkan beberapa item yang dianggap penting, baik berupa teks, gambar, video maupun animasi. Latihan dan tes kurang cocok diletakkan pada presentasi pembelajaran ini, kecuali bersifat quiz guna membangun suasana kelas agar lebih dinamis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar